0
Pengertian e-Business & e-Commerce
Posted by Unknown
on
10/19/2013
1. e-Business
e-Business
merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui media
elektronis. e-Business dapat pula diartikan sebagai kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis yang dilakukan dengan menggunakan
teknologi elektronis. e-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel.
O’Brien
(2001) mendefinisikan e-business atau bisnis elektronis sebagai “penggunaan
teknologi Internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis,
perdagangan elektronis (electronic
commerce atau e-commerce) komunikasi serta kolaborasi antara sebuah
perusahaan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis elektronis
lainnya”.
Perhatikan
Skema aplikasi bisnis elektronis dibawah ini :
Aplikasi
komunikasi dan kolaborasi perusahaan digunakan untuk mendukung komunikasi,
koordinasi, dan kolaborasi anggota tim bisnis dalam perusahaan. Aplikasi ini
meliputi :
·
Surat
elektronis
·
Surat
bersuara (voice mail)
·
Forum
diskusi
·
Sistem
percakapan tertulis (chat).
·
Konferensi
suara
·
Konferensi
video
·
Dan
Sistem pertemuan elektronis (GSS).
EIP
(enterprise information portal)
adalah suatu sistem berbasis Web yang dirancang oleh perusahaan agar para
pemakai intranet dan pemakai extranet dapat mengakses informasi dan layanan
yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Aplikasi bisnis internal juga
digunakan untuk mendukung sistem pendukung manajemen. Dengan melakukan koneksi
ke Internet, para manajer yang sedang bertugas diluar kota dapat memperoleh
informasi terkini yang tersimpan dalam basis data perusahaan.
2. e-Commerce
e-Commerce merupakan
prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli
di internet dimana pembeli dan penjual
dipertemukan di dunia maya. e-Commerce juga dapat
didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau
berdagang, pemasaran produk, jasa, dan informasi secara online (direct
selling) yang memanfaatkan fasilitas Internet
dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan
“get and deliver“.
e-Commerce dikelompokkan menjadi empat kategori,
diantaranya :
(1) Business to Business (B2B)
B2B adalah
transaksi komersial antara pelaku bisnis, misalkan antara perusahaan
perakitan dan
perusahaan distribusi. B2B ini adalah salah satu jenis pemasaran yang
melibatkan
beberapa perusahaan dan dilakukan dengan sistem otomatis. Keuntungan dari
B2B menurut
Korper dan Ellis 2002, diantaranya:
· Dapat
menghemat biaya
· Meningkatkan
pendapatan
· Mempercepat
pengiriman
· Mengurangi
biaya administrasi serta meningkatkan layanan kepada pelanggan
(2)
Business to Consumer (B2C)
B2C
melibatkan interaksi dan transaksi antara perusahaan penjual dan para konsumen
melalui
jaringan internet. Keuntungan B2C bagi perusahaan yaitu dapat mempromosikan
produk mereka secara luas, dapat melayani transaksi
selama 24 jam penuh tanpa
terganggu waktu libur ataupun break, dapat langsung
berinteraksi dengan customers
tanpa
perantara, serta dapat meminimalkan cost yang dikeluarkan. Sedangkan keuntungan
bagi consumernya sendiri yaitu dapat melakukan pembelanjaan dengan mudah,
memiliki banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.
Dari keuntungan B2C ini juga
memiliki kelemahannya, yaitu produk yang kita order
tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut,
produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya.
Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya. Beberapa
contoh situs yang mendukung B2C, yaitu :
Situs
|
Jenis Produk
|
www.amazon.com
|
Barang : buku, musik, video, permainan,barang,
elektronik
|
www.dell.com
|
Barang : komputer dan
periferal
|
www.cisco.com
|
Barang : peralatan
jaringan
|
www.drugstore.com
|
Barang : kesehatan dan
kecantikan
|
(3)
Consumer to Consumer (C2C)
C2C
atau terkadang disebut person to person adalah model
perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen secara langsung
melalui internet. Situs yang mendukung C2C yaitu www.ebay.com, yang biasa dilakukan untuk pelelangan dan proses pembelian barang sendiri.
(4) Consumer
to Business (C2B)
Situs yang mendukung C2B
yaitu www.Priceline.com, yang memungkinkan seseorang menjual rumah ke
perusahaan ini. Dalam hal ini, internet dapat digunakan sebagai sarana untuk
negosiasi.
Posting Komentar