2

Wawancara Dengan Seorang Pedagang Sembako

Posted by Unknown on 1/11/2014
Berikut ini adalah wawancara saya dengan seorang Pedagang Sembako yang bernama ibu Dessy. Beliau lahir di Jakarta tanggal 31 Desember 1985, dan sudah berkeluarga dengan memiliki 1 orang putri. Meskipun awalnya hanya iseng saja, namun dia berniat membuka usaha lainnya.


Saya              : Selamat Siang ibu..?

Narasumber  : Siang...

Saya             : Maaf Bu, saya Budi dari Universitas Gunadarma, boleh saya ngobrol" sebentar dengan ibu?

Narasumber  : Boleh.., ada keperluan apa ya..?

Saya              : Saya ada Tugas dari kampus buat wawancarain seseorang, apa ibu bersedia menjadi narasumber saya?

Narasumber  : iya.. saya bersedia.

Saya              : Nama Lengkap ibu siapa..?

Narasumber  : Nama saya Dessy Harisandi

Saya              : Sejak kapan ibu berwirausaha ..?

Narasumber  : Saya mulai berwirausaha sejak tahun 2009.

Saya              : Bagaimana awal mula ibu bisa berdagang disini..?

Narasumber  : Awalnya saya hanya iseng saja, yaa.. untuk menambah uang belanja bulanan dan keperluan keluarga..

Saya              : Lalu dari mana ibu memiliki ide untuk merjualan disini..?

Narasumber  : Sebenernya saya ingin berdagang diluar rumah saya, tapi suami saya melarang, kata suami saya biar ga capek dan aman..

Saya               : Modal awal ibu waktu berjualan berapa ?

Narasumber   : Dulu.. modal awal saya lebih kurang 4juta, itu juga dulu saya pinjam ke saudara saya..

Saya               : Apa hambatan yang muncul pada saat ibu berjualan disini..?

Narasumber   : Hambatannya yaa..., merasa ada persaingan dalam berdagang, tidak bisa untung besar, yaa.. namanya juga berwirausaha.. haha..

Saya               : Kalau saya boleh tahu, omzet perhari ibu berapa..?

Narasumber   : Kalau omzet perhari, kalau lagi rame yaa sekitar 150-200 ribu/hari, tapi kalau sedang sepi ya paling 70 -100 ribu/hari, yaa ga tentu lah.. haha

Saya               : Kalau sebulan bisa dapat untung berapa..?

Narasumber   : Kalau untung perbulan yaa keuntungan bersih sekitar 2 juta mungkin..

 Saya               : Wah lumayan yaa, oh iya bu, apa ada kesulitan untuk modal yg diputar sehari..?

Narasumber   : Yaa paling kalau barang-barang sedang naik, yaa otomatis saya harus naikian harga dagangan saya..

Saya               : Ibu kalau beli barang-barang dagangan dari mana? Sulit ga dapatnya??

Narasumber  : Saya beli barang-barang dagangan saya dari pasar petojo.., gak sih karena dari awa saya dagang, saya sudah dikasih tau tempat-tempat beli barang dagangan sama orang tua saya..

Saya               : Oh ya bu, biasanya pembeli dari kalangan mana..?

Narasumber   : Biasanya sih ibu-ibu rumah tangga, ya belanja beras sama kebutuhan bulanan, tapi.. anak-anak juga banyak kok...

Saya               : Apa dari usaha ini, ibu bisa memenuhi kebutuhan keluarga ibu..?

Narasumber   : Iya bisa.., malahan lebih dari cukup dek..

Saya               : Apa ibu berencana membuka usaha lainnya, jika sewaktu-waktu ada peluang..?

Narasumber   : Iya kalau ada modal lebih.., siapa sih yg ga mau buka banyak usaha lainnya..

Saya               : Kalau ada peluang, ibu ingin buka usaha apa saja..?

Narasumber   : Maunya sih buka usaha warung nasi, tapi ya insyaallah tahun depan saya buka warung nasi kecil-kecilan...

Saya               : Apa sih kiat agar bisa mengembangkan usaha ibu..?

Narasumber  : Kiatnya yaa banyak-banyak berdoa sama tuhan, supaya rezekinya di beri kelancaran dan banyak-banyak bersabar..

Saya               : Ohh gitu, oke makasih ya bu sudah bersedia menjadi narasumber saya..

Narasumber   : Iya sama-sama, semoga lancar ya dek tugasnya.. haha





Begitulah wawancara saya dengan ibu Dessy, meskipun berawal dari iseng, tetapi jika dijalani dengan penuh kesabaran akan membawakan hasil yang maksimal :)


2 Comments


numpang copas ya :D


Pokok-pokok ny ap?
Tlong djwab y soalny tgas ni

Posting Komentar

Copyright © 2009 Just a little post /.\ All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.